One Piece: Posisi Sanji di Topi Jerami Terancam?


Kelompok bajak laut Topi Jerami memulai perjalanan menuju tujuan mereka selanjutnya. Arc Wano Nation menyediakan mereka berbagai pengalaman yang berharga, yang akan berguna untuk petualangan mereka di masa depan. Salah satu hal yang spesial tentang arc tersebut adalah bagaimana seluruh anggota Topi Jerami bersama-sama. Semenjak arc Dressrosa, kru Topi Jerami terbagi menjadi kelompok kecil.

Karena itulah, tentunya sangat menyenangkan melihat mereka berkumpul. Dengan kelompok Topi Jerami berhasil mengalahkan kelompok Beast, mereka kembali menjadi perhatian Pemerintah Dunia. Artinya, nilai buruan mereka pun kembali meningkat. Dan berbicara mengenai nilai buruan, para followers One Piece banyak berdebat mengenai nilai buruan Sanji yang lebih kecil dari Zoro dan bahkan Jinbe.

Nilai Buruan

Saat pertama arc Wano dimulai, Sanji merupakan kru dengan nilai buruan paling besar kedua di kru Topi Jerami. Hal ini berkat aksi heroik yang dia lakukan di arc Entire Cake Island. Nilai buruan Sanji pun meningkat menjadi 330,000,000 Stomach yang mengungguli nilai buruan dari Zoro. Namun, kembali, Zoro menyalip nilai buruan Sanji dan bahkan dia semakin menjadi jauh lebih kuat.

Nilai buruan dari Zoro sekarang mencapai 1,111,000,000 Stomach. Sementara, nilai buruan Sanji hanya 1,032,000,000 Stomach. Biasanya, hal ini artinya Sanji kembali ke tempatnya yang biasa yaitu di posisi ketiga dalam trio monster. Namun, semenjak kemunculan Jinbe menjadi kru baru di Topi Jerami membuat persaingan di trio Topi Jerami menjadi ketat. Nilai buruan Jinbe sendiri adalah 1,100,000,000 Stomach. Apakah artinya Sanji bukan lagi trio monster?

Faktanya

Meskipun memang benar nilai buruan Sanji lebih kecil dari Jinbe, bukan berarti dia jauh lebih kuat dari Sanji. Nilai buruan terkadang bukanlah sesuatu yang bisa menjadi tolok ukur degree kekuatan dari sebuah karakter. Nilai buruan lebih kepada indikasi seberapa besar Pemerintah Dunia merasa terancam atau seberapa besar degree ancaman yang sebuah karakter bawa. Misalnya, kita bisa melihat nilai buruan Buggy jauh lebih besar dari Crocodile, Luffy, Regulation, Child, dan bahkan Blackbeard.

Nilai buruan Buggy yang sangat tinggi tentunya sangat tidak merepresentasikan kekuatannya. Alasan mengapa nilai Buggy sangat tinggi lebih kepada reputasinya. Pihak angkatan laut sadar betul bahwa dia merupakan mantan kru bajak laut Roger. Informasi tersebut ditambah juga dengan reputasi Buggy yang merupakan “rival” dari Shanks, dan misinformasi bahwa dia adalah otak di balik penyerangan ke Impel Down.

Yang paling baru adalah bagaimana mereka percaya bahwa Buggy mampu membuat Crocodile dan Dracule Mihawk mau bekerja di bawah namanya. Hal ini itu pun semakin memperbesar keyakinan mereka bahwa Buggy adalah sebuah ancaman besar. Inilah alasan mengapa mereka mengganjarnya dengan nilai buruan sebesar 3,189,000,000 Stomach. Terlepas dari nilai buruannya yang tinggi, Buggy bahkan tidak bisa mengalahkan bawahannya.

Yang juga menjadi perbedaan dalam logika nilai buruan adalah bagaimana seharusnya Luffy memiliki nilai buruan paling besar dari Child dan Regulation. Namun, faktanya, mereka memberikan ketiganya nilai buruan yang sama yaitu 3,000,000,000 Stomach. Apakah artinya degree kekuatan mereka sama? Jawabannya adalah tidak. Luffy jauh lebih kuat dan superiror dari keduanya. Dia bahkan mampu mengalahkan Kaido sendirian.

Dalam kasus Sanji, ada alasan yang logis mengapa Jinbe memiliki nilai buruan yang lebih besar dari Jinbe. Salah satunya adalah popularitas Sanji tidak lebih besar dari Jinbe. Hal ini wajar mengingat Jinbe merupakan bajak laut yang jauh lebih berpengalaman dari Sanji. Jadi, mungkin cukup masuk akal jika kemudian nilai buruan Jinbe lebih besar dari Sanji.

Di Mana Posisi Sanji?

Sebuah cara mudah untuk mengukur kekuatan antara Jinbe dan Sanji adalah dengan melihat lawan mereka selama di arc Wano. Jinbe berhadapan dengan Who’s Who, yang merupakan bagian dari Flying Six. Sementara, Sanji bertarung menghadapi Queen, yang merupakan bagian dari All-Star dan sosok nomor tiga terkuat di kelompok Beast. All-Star sendiri merupakan tiga komandan terkuat dari Kaido.

Sementara, posisi Flying Six berada di bawah All-Star. Mereka cukup kuat, namun bukan tandingan jika harus menghadapi All-Star. Perbedaan kualitas lawan yang Sanji dan Jinbe hadapi memberikan gambaran jelas degree kekuatan mereka. Bukan hanya Sanji harus menghadapi lawan yang lebih kuat, namun dia juga menang dengan cukup mudah. Bahkan, Sanji pernah menghadapi King dan Queen bersamaan meskipun hanya sebentar.

Sanji melindungi Zoro ketika dia terluka berat, dan berhasil menyelamatkan Momonosuke dari kematian. Semua hal-hal yang terjadi kepada Sanji di arc Wano mengarahkan pada satu kesimpulan bahwa dia jauh lebih kuat dari Jinbe. Jadi, kesimpulannya, Sanji tetap berada di posisi ketiga untuk masalah degree kekuatan. Semuanya hanya masalah angka semata. Di arc selanjutnya, bukan tidak mungkin jika Sanji kembali akan mendapat nilai buruan tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply